Mengenal Teknik Autoblog dan Cara Kerjanya

By . Kategori: blog Tags: ,

Mengenal Teknik Autoblog dan Cara Kerjanya. Teknologi yang semakin maju membuat banyak media dapat digunakan dalam penyampaian informasi, salah satunya yaitu menggunakan media blog. Blog dapat menampilkan berbagai informasi diantaranya berupa tulisan, gambar, dan video. Salah satu engine blog yang banyak digunakan saat ini adalah wordpress(CMS). Berbagai fitur ditawarkan di CMS(Content Management System) wordpress dengan berbagai fungsi dan manfaat masing-masing. Informasi yang disampaikan di blog tidak hanya bersumber dari pemilik blog, tetapi saat ini banyak sekali blog yang menampilkan informasi bersumber dari blog orang lain. Informasi yang berupa kutipan atau pengambilan artikel atau konten dari blog orang lain tanpa persetujuan pemilik konten maka disebut plagiarisme atau pencurian konten.

Teknik-teknik pencurian atau plagiarisme ini ada yang manual dan juga ada yang otomatis atau sering dikenal dengan auto blog. Walaupun dari sisi search engine seperti google telah memberikan layanan DMCA(Digital Millennium Copyright Act) untuk melaporkan plagiarisme, tetapi untuk mencegah tindak pencurian diperlukan metode-metode yang dapat digunakan dalam mengamankan konten publik dari pencurian otomatis atau auto blog.

Banyak celah-celah keamanan yang bisa digunakan untuk mencuri konten atau plagiarisme secara otomatis pada sebuah web atau blog. Keamanan konten publik dari tindak plagiarisme adalah suatu kondisi pada konten publik yang menggambarkan keamanan dari tindak pencurian konten atau plagiarisme. Selain itu, Auto blog atau yang sering ditulis autoblog adalah website atau blog yang mengisi atau meng-update konten di dalamnya secara otomatis. Proses mengisi atau meng-update dilakukan dengan mengambil atau menarik konten dari situs orang lain dengan cara-cara tertentu.

Model Teknik Pengambilan Konten / autoblog

Model Teknik Pengambilan Konten / autoblog

Banyak teknik auto blog yang digunakan tetapi dari berbagai teknik dapat dibedakan menjadi dua yaitu melalui proses langsung atau tidaknya pengambilan data dari sumber yang asli atau yang bersangkutan.

Web partner di sini adalah web yang bekerja sama dengan web atau blog sumber (contoh blog pribadi) seperti search engine, social bookmark, dan lain-lain. Contoh teknik pengambilan konten secara langsung dari sumber asli seperti teknik grabbing dan teknik pengambilan RSS menggunakan email forwarding. Selain itu, contoh teknik pengambilan konten secara tidak langsung yaitu menggunakan API (Application Programming Interface) yang disediakan oleh web partner.

Pencurian konten otomatis atau auto blog melalui rss/feed (auto post email) dan teknik grabbing merupakan contoh cara atau teknik pencurian konten yang mengambil  konten web secara langsung dari web yang bersangkutan secara otomatis. Konten yang di curi atau diambil ini bisa berupa teks, video, gambar, atau audio. Pengambilan konten target sesuai dengan kebutuhan dari pembuat autoblog.

Beberapa metode atau teknik yang dapat digunakan dalam mengamankan rss/feed adalah dengam membatasi hak akses file rss/feed atau mengenkripsi konten rss/feed. Selain itu, beberapa metode untuk mengamankan konten dari pencurian menggunakan teknik grabbing adalah dengam membatasi akses web hanya melalui address bar browser dan memproteksi melalui web server.

Beberapa teknik pencurian konten blog menggunakan teknik autoblog telah dijabarkan dan beberapa teknik penanganannya yang diharapkan bisa membantu dalam mengamankan konten publik pada web dan blog pribadi atau perusahaan. Perkembangan teknologi semakin cepat, sehingga kemungkinan terjadi pencurian konten blog dengan teknik baru bisa terjadi. Tidak ada sistem keamanan yang tidak memiliki celah kerusakan atau celah keamanan, maka untuk menanggulanginya diperlukan analisis lebih lanjut agar konten publik dapat diamankan dengan baik.