Merubah Warna Seleksi Teks Web Dengan CSS

By . Kategori: CSS Tags: ,

irnanto.comCara merubah warna background seleksi teks menggunakan kode CSS adalah salah satu cara manipulasi tampilan web dari standar browser yang telah di tetapkan. Seleksi teks atau sering juga disebut blok teks adalah bagian teks yang di seleksi (blok) atau dipilih untuk dimanfaatkan seperti meng-copy teks, menandai teks, dan lain sebagainya.

Sebelumnya saya sudah jelaskan bahwa merubah warna seleksi teks ini merupakan cara memanipulasi standar atau default dari browser yang menggunakan warna default teks seleksi adalah biru dan warna teks putih.

Hadirnya CSS3 sangat membantu kita dalam hal merubah warna background seleksi teks sesuai dengan warna yang kita inginkan dan tentu saja untuk memberikan tampilan yang baik sesuai dengan warna dasar blog. CSS3 selection bisa memberi perintah kepada browser yang kita gunakan untuk merubah warna background selection sesuai dengan warna yang telah kita set sebelumnya di CSS blog kita.

Hampir semua browser dapat menerjemahkan CSS3 selection, hanya beberapa saja seperti internet explorer yang belum bisa menerjemahkan CSS3 selection

seleksi teks atau blok teks

seleksi teks atau blok teks sebelum dan sesudah menggunakan CSS3 selection

Cara Merubah Warna Seleksi Teks

Umumnya, kode CSS untuk merubah warna seleksi teks ada 3 jenis, yang pertama kode CSS selection universal atau default, yang kedua kode CSS selection untuk browser mozilla atau sejenisnya, dan yang ketiga kode CSS selection untuk browser webkit seperti chrome dan safari. Contoh kode seleksi warna teks seperti di bawah ini. Wara seleksi teks adalah orange dan warna teks putih.

::selection {
    background-color: #ff6200;
    color: #ffffff;
}
::-moz-selection{
    background-color: #ff6200;
    color: #ffffff;
}
::-webkit-selection{
    background-color: #ff6200;
    color: #ffffff;
}

Cara penempatan dan penggunaan untuk elemen tertentu hampir sama dengan artikel menambah konten di blog . Kita dapat menambahkan selektor di depan kode CSS selection untuk membuat alemen selektor tertentu agar dapat menjalankan kode CSS selection tersebut. Perlu diperhatikan bahwa antara selektor dan CSS selection digabung atau tidak ada pemisah seperti spasi.

Ok, pembahasan mengenai Merubah Warna Seleksi Teks Web Dengan CSS sudah selesai, dan nantikan artikel menarik lainnya.

Satu komentar untuk “Merubah Warna Seleksi Teks Web Dengan CSS”

  • Farhannuari

    Mas tolong buat tutorialnya bisa di copy atau diblog semua tulisanya

Tinggalkan Komentar