Struktur Penulisan Kode CSS

By . Kategori: CSS Tags: , , ,

irnanto.com – Kali ini kita akan membahas mengenai sintak CSS dan bagaimana cara penulisan yang baik kode CSS yang akan di buat. Sebelumnya telah di bahas mengenai berbagai macam cara kerja style sheet di browser, di artikel tersebut sudah sedikit dijabarkan mengenai penulisan source code CSS secara inline di tag HTML. Sebenarnya tidak jauh berbeda penulisannya dengan aturan-aturan penulisan pada penempatan kode inline CSS maupun embed CSS.

Hanya saja yang kita perlu perhatikan adalah struktur dasar dari penulisan kode CSS tersebut. Secara garis besar bagian-bagian dalam penulisan kode CSS adalah sebagai berikut : selektor, property, dan value(nilai property). 

Struktur Kode CSS

Struktur Kode CSS

Dari gambar di atas dapat dijabarkan bahwa selektor yang digunakan adalah body (body adalah tag, pembahasan mengenai macam-macam selektor CSS akan di bahas di artikel selanjutnya). Kurung kurawal pembuka dan penutup menandakan bagian isi deklarasi dari pengaturan style yang di set. background-color, font-family, dan text-align adalah nama properti dari selektor. Tidak semua properti dapat digunakan untuk setiap selektor, tunggu pembahasan mengenai penggunaan property pada CSS di artikel selanjutnya.

Tanda titik dua “:” merupakan merupakan pemisah antaraproperty dan nilainya.  #CCCCCC, Arial, dan justify adalah value / nilai properti. Nilai property bisa lebih dari satu, dan isi dari nilai property sangat berkaitan dengan property yang digunakan. Tanda titik koma “;” digunakan untuk penanda akhir property atau sebagai pemisah antar tiap properti dalam deklarator.

Sekarang sudah paham kan. Semoga pembahasan mengenai Struktur Penulisan Kode CSS bisa bermanfaat, Aamiin. Tunggu artikel menarik lainnya yaa.

Belum ada komentar untuk “Struktur Penulisan Kode CSS”

Tinggalkan Komentar