Mengamankan halaman web yang di download

By . Kategori: Web Tags: , ,

irnanto.comMengamankan halaman wesite adalah suatu hal yang penting bagi seorang developer web. Oleh karena itu seorang developer website harus mengetahui bagian-bagian mana saja di sebuah web yang memiliki resiko tinggi untuk dirusak, di ambil informasinya, di ambil alih websitenya, dan lain sebagianya. Proses mengamankan website mulai dari konten web termasuk kode yang dibuat, server tempat penyimpanan web, dan distribusi web ke user menggunakan browser.

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengamankan web yang telah di save atau di download oleh user. Mungkin bagi sebagian orang yang memiliki website tidak terlalu bermasalah tapi bagi sebagian orang lain sangat penting karena menjaga agar konten yang di buat tidak di duplikat melalui cara download web.

Banyak orang yang menyukai website yang memiliki template atau themes bagus sehingga orang tersebut mendowload web atau menyimpan file halaman website di komputer yang mereka gunakan. Banyak cara menyimpan file halaman web yang di dalamnya terdapat konten-konten penting dan menarik diantaranya konten berupa teks, gambar, dan video. Cara download web ini ada berbagai macam, diantaranya menggunakan media berupa browser yang dapat dilakukan dengan menyimpan langsung file website tersebut, menyimpan dengan format lain seperti PDF, bahkan ada software yang dapat menyimpan halaman website secara utuh.

Sebagai developer web atau pemilik konten web, kita tidak dapat leluasa mengatur user (browser) menggunakan website yang kita miliki, tetapi ada sedikit cara jika halaman web yang di download di buka di browser maka halaman meredirect atau mengalihkan ke halaman website yang sebenarnya / yang online.

Cara ini sangat sederhana karena kita hanya menambahkan kode javascript dan PHP yang nantinya digunakan untuk meredirect atau mengalihkan halaman website yang telah disimpan itu ke halaman website sebenarnya. Kodenya seperti di bawah ini :

<script language=javascript>
if(document.domain.toLowerCase().replace("www.","")!="'. $_SERVER['SERVER_NAME'] .'".toLowerCase().replace("www.","")){ 
  alert("Invalid Domain");
  location="http://'. $_SERVER['SERVER_NAME'] . $_SERVER['REQUEST_URI'] .'";
} 
if(window.location.protocol.indexOf("file")!=-1){
  location="http://'. $_SERVER['SERVER_NAME'] . $_SERVER['REQUEST_URI'] .'";
}
</script>

Penjelasan dari kode di atas adalah sebagai berikut :

Jika domain dari dokumen atau halaman di ambil lalu di rubah ke huruf kecil dan menghilangkan subdomain “www.”(pada saat di buka di browser) TIDAK SAMA DENGAN nama domain (pengambilan nama domain di proses di server) lalu di rubah ke huruf kecil dan menghilangkan subdomain “www.” maka muncul pesan peringatan “Invalid Domain” dan halaman akan meredirect ke nama domain dan sub direktori / page (pengambilan nama domain di proses di server) yang telah di tentukan.

Jika protokol dari lokasi yang digunakan berupa file maka halaman akan di redirect ke nama domain dan sub direktori / page (pengambilan nama domain di proses di server) yang telah di tentukan.

Sudah paham semunya kan ? kalau begitu, sampai disini dulu pembahasan mengenai Mengamankan halaman web yang di download. Nantikan artikel menarik lainnya di irnanto.com

Belum ada komentar untuk “Mengamankan halaman web yang di download”

Tinggalkan Komentar